February 3, 2023
Pontianak, Kalimantan Barat
Politics

Pahlawanku Teladanku; Bukan Sekedar Tagline!

Pahlawanku Teladanku. Menjadi tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2022. Tema ini termaktub dalam surat yang dikeluarkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia pada tanggal 7 November 2022 lalu. Hari Pahlawan menjadi penting bagi Indonesia sebagai bangsa, yang diperingati tiap tanggal 10 pada bulan November setiap tahunnya.

Jika ditarik ke belakang, peringatan hari pahlawan terhubung dengan peristiwa heroik di Surabaya pada 10 November 1945 lalu. Sesuai tercantum dalam Pedoman Hari Pahlawan Tahun 2022 yang diterbitkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (KEMENSOS RI). 

Hari Pahlawan bermula dari pertempuran Surabaya tanggal 10 November 1945. Pertempuran tersebut terjadi antara pasukan Indonesia melawan pasukan Inggris usai proklamasi kemerdekaan Indonesia. Momentum 10 November itu kemudian dijadikan sebagai salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam perjalanan perjuangan revolusi Indonesia sebagai sebuah bangsa.

orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Sementara teladan dimaknai sebagai sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kembali pada tema peringatan hari pahlawan tahun ini. Tentu bukan sekedar tema dan tidak asal dibuat begitu saja. Pasti ada rapat-rapat panjang di balik penentuannya. Ada koordinasi lintas generasi dan pertimbangan banyak pihak dari berbagai sisi untuk menentukan tema ini. Meski hanya terdiri dari dua suku kata. Tapi sungguh kaya makna.

Mari kita telisik bersama-sama, makna di baliknya. Pahlawan dan Teladan. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pahlawan diartikan sebagai orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Sementara teladan dimaknai sebagai sesuatu yang patut ditiru atau baik untuk dicontoh (tentang perbuatan, kelakuan, sifat, dan sebagainya).

https://www.freepik.com/

Pemaknaan kedua kata tersebut, tidak hanya sampai di sana. Karena ada kata ku sebagai keterangan pemilik setelah kedua kata tersebut. Pahlawanku Teladanku. Artinya ada kesadaran penuh untuk mengakui hal itu. Terlepas siapapun pahlawan yang kita sepakati menjadi pahlawan masing-masing dari kita. 

Ada yang menganggap ibu adalah pahlawannya, ada yang merasa guru adalah pahlawannya. Tetapi tentu jika dihubungkan dengan 10 November, ingatan dan pengetahuan umum kita akan langsung  mengerucut pada sosok-sosok pahlawan yang berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Kemudian pada perjalanannya pahlawan juga muncul dengan pahlawan nasional, pahlawan kemerdekaan, pahlawan revolusi.Apapun tema peringatannya. Siapapun nama-nama yang ditetapkan sebagai pahlawan nasional tiap tahunnya. Peringatan hari pahlawan tiap tahunnya, hendaknya tidak hanya menjadi peringatan seremonial saja. Nilai dan semangat juang para pahlawan hendaknya selalu ada di dada kita setiap harinya. (YH, KabarKalbar)

Leave feedback about this

  • Quality
  • Price
  • Service

PROS

+
Add Field

CONS

+
Add Field
Choose Image
Choose Video