Kabar Kalbar  –  Press Release Pahami Dunia Digital Dengan Literasi Yang Tepat 21 Juli 2021 – Sintang Pagi

Kabar Kalbar – Press Release Pahami Dunia Digital Dengan Literasi Yang Tepat 21 Juli 2021 – Sintang Pagi

  22 Jul 2021

Moderator : Septi D Ajeng

LO : Angel

Narasumber :

Local :

  1. Sukardi
  2. Gradilla Apriani, S.T., M.Si

Nasional :

  1. Ratyuhono Linggar P

KOL : Dilafisaa

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph,Bupati Balangan Sintang)

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032

 

Talks 1: Etika Digital : Mengenal Lebih Jauh Cara Menyuarakan Pendapat di Dunia Digital

(Ratyuhono Linggar P,Praktisi SDM & Professional Coach)

  • KBBI: Pikiran atau Anggapan Definisi lain: Buah pemikiran atau perkiraan tentang suatu hal • Kesimpulan (sudah mempertimbangkan/menyelidiki). “Kebebasan berpendapat dan berekspresi adalah hak setiap manusia dan diatur dalam UUD 1945 Pasal 28E ayat 3.” “Ditafsirkan dalam UU no. 9 tahun 1998 Pasal 1 ayat 1: Kemerdekaan menyampaikan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya secara bebas dan bertanggung jawab sesuai dengan ketentuan perundangan yang berlaku.”
  • Kebebasan Berpendapat: Opini, harus berlandaskan fakta/data dan dapat dipertanggungjawabkan.  Jika tidak, akan memunculkan Hoax. Kritik pada dasarnya merupakan suatu hal atau tindakan yang baik, ketika dilakukan dengan tidak menyinggung atau menyakiti perasaan  Konstruktif  Jika tidak dilakukan dengan benar, dapat menimbulkan perpecahan/konflik. Fitnah dan Ujaran Kebencian: jelas hal yang negatif  Dapat berujung pada ‘Pencemaran Nama Baik’
  • Tips Menyatakan Pendapat di Media Digital: 
  • Hindari opini provokatif (menyulut perpecahan) Pertimbangkan norma-norma, saling menghormati, dan toleransi.
  • Mengetahui isu secara detail Ketahui data/fakta isu terkait, crosscheck dengan media lain.
  • Memikirkan kembali pendapat Media sosial sangat terbuka, perlu dipikirkan sensitivitas isu dan perasaan audience.
  • Menyampaikan dengan sopan dan santun Pertimbangkan budaya dan kearifan lokal.
  • Perhatikan peraturan pemerintah Pastikan pendapat kita tidak berisiko melanggar peraturan yang berlaku.

 

Talks 2: Budaya Digital : Mengenal Lebih Jauh Tentang UU ITE terkait Perlindungan Data Pribadi

(Sukardi,Kaprodi RPL SMK Karya Bangsa)

  •     Jika terjadi penggunaan data pribadi seseorang tanpa izin dari orang yang bersangkutan, maka orang yang dilanggar haknya itu dapat mengajukan gugatan atas kerugian yang ditimbulkan.
  •     Data Pribadi adalah setiap data tentang seseorang baik yang teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasi dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung melalui Sistem Elektronik dan/atau nonelektronik.
  •     Tipe Data Pribadi yang di lindungi UU ITE: 
  1. Convictions
  2. Medical Condition
  3. Religion
  4. Prejudice
  5. Names
  6. Banking Details
  7. Addresses
  8. Criminal Activity

Talks 3: Keamanan Digital : Dunia Maya dan Rekam Jejak Digital

(Gradilla Apriani, S.T., M.Si,Wakil Dekan II FISIP Universitas Kapuas Sintang 2020-2025)

  •     Digital Safety: Kemampuan masyarakat untuk mengenali, menerapkan, meningkatkan kesadaran perlindungan data pribadi dan keamanan di ruang digital.

 

  •     Dunia Maya ( Cyberspaces ): Adalah sebuah dunia komunikasi berbasis komputer yang menawarkan realitas yang baru berbentuk virtual (tidak langsung dan tidak nyata). Namun walaupun dilakukan secara virtual, kita dapat merasa seolah-olah ada di tempat tersebut dan melakukan hal-hal yang dilakukan secara nyata.
  • Jejak Digital (Digital Footprint ): adalah tapak data yang tertinggal setelah beraktivitas di dunia maya (internet). mengacu pada serangkaian aktivitas, tindakan, kontribusi, dan komunikasi digital unik yang dapat dilacak yang diwujudkan di Internet atau perangkat digital.

 

  •     Tips di Dunia Maya: 
  1. Bijak sebelum menulis
  2. Bangun citra diri yang positif
  3. Memeriksa jejak digital
  4. Batasi Status Media Sosial Anda dan Jadikan Itu Privat
  5. Hindari Mengunggah Terlalu Banyak Informasi
  6. Hindari penyebaran data-data penting
  7. Buat  password  yang kuat untuk tiap akun media sosialmu
  8. Hindari post sesuatu yang sifatnya terlalu personal
  9. Pikirkan Ulang Setiap Konten yang Anda Sebarkan di Internet
  10. Pertimbangkan untuk Membuat Akun Kedua

 

Key Opinion Leader: Kecakapan Digital : Peran Literasi Digital di Dunia Market Place

(Dilafisaa,Influencer, Brand Ambassador D’SAVIOR )

  • Literasi Digital: Pengetahuan dan kecakapan untuk menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi dan memanfaatkannya.Kenapa Penting ? Membuat kita mampu berpikir kritis, kreatif inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi dengan lebih lancar, berkolborasi dengan banyak orang.
  • Marketplace: Platform yang berperan sebagai pihak ketiga atau perantara antara penjual dan pembeli untuk mempermudah transaksi jual beli secara online. (pasar daring) Fasilitasnya seperti metode pembayaran, estimasi pengiriman, pemilihan produk sesuai kategori.
  • Literasi Digital di Marketplace: Literasi digital sudah menjadi suatu keharusan bagi wirausahawan.Kenapa ? karena Digital pada masa ini sudah mendominasi berbagai sektor termaasuk bisnis. Perkembangan teknologi mampu menawarkan fleksibilitas yang dapat membuka lebih banyak kesempatan bagi para pengusaha.

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1190
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik

QnA

Penanya :

Nama: Muhammad Roy Rafidan Widiyanto

No tlp: 0895380544411

email: royrafidan11@gmail.com

Kepada : Ratyuhono Linggar P

 

Pertanyaan :

Jika kita sebagai korban hate comment di sosial media, seperti body shamming apa langkah yang bisa kita lakukan kak Dalam menyikapi kebebasan berpendapat tersebut?

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Pertama kita fokus apa yang bisa kita kontrol. Contohnya apabila ada yang komen negatif maka kita bisa menanyakan secara personal kepada pihak yang bersangkutan, apa motif dia melakukan hal tersebut. Kita bicarakan baik-baik dan ajak diskusi. Biasanya setlah kita coba ajak diskusi biasanya mereka tidak punya alasan yang jelas. Yang kedua kita bisa delete komennya atau blok kontaknya. Lakukan apa yang membuat psikologi kita lebih tenang. Apabila kita fokus apa yang tidak bisa kita kontrol maka kita akan lelah sendiri. Lalu coba refleksi kepada diri sendiri, apakah postingan kita itu positif atau memancing hal negatif. Apabila memang sudah postifi tapi ada yang komen negatif maka kita lakukan hal yang bisa kita kontrol tadi

 

Penanya :

Nama : kartika

No HP : 085695099769

Email : kartikadp87@gmail.com

Kepada : Sukardi

 

Pertanyaan:

bagaimana cara jitu untuk menangkal kebocoran data pribadi?

jika sudah terlanjur terjadi kebocoran data pribadi, adakah tempat pengaduan/pelaporan untuk mencegah kebocoran data lebih lanjut dan tidak terjadi hal2 yg tidak diinginkan?

mohon dijawab, terimakasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Untuk mengatasi kebocoran data maka bisa melakukan two authentification factor. Biasanya kl login email di google maka akan dilakukan pengecekan apakah benar-benar orang yang bersangkutan yang mengakses atau bukan. Apabila sudah terjadi kebocoran data maka kita bisa melakukan screen shoot dari kebocoran data tadi dan melaporkan kepada pihak yang berwajib lewat patrolicyber.id . Dimana nanti kasus akan ditindak lanjuti oleh pihak yang berwajib.

 

Penanya :

Nama : Nuridah

No HP : 0895622369319

Email : nuridah16@gmail.com

Kepada : Dilafisaa

 

Pertanyaan :

Bagaimana cara membangun branding bagi UMKM untuk dapat bersaing dengan penjual di marketplace? Seperti yang diketahui, sering kali harga di market place cenderung lebih murah dan memiliki wujud barang yang sama

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Kita sesekali harus melakukan edukasi yang terkait dengan produk kita dan menjelaskan apakah added value dari produk kita. Pertama kita coba dulu membuka toko kemudian kita ikuti program-program promosi yang ada di marketplace untuk meningkatkan daya saing toko dan penjualan.

 

Penanya :

Nama : Intan Permatasari

No. HP : 081226499987

Email : intancious98@gmail.com

Kepada : Gradilla Apriani, S.T., M.Si

 

Pertanyaan :

Bagaimana cara melakukan pelacakan terhadap akun penyebar hoax, misalnya pada pelacakan secara manual kita sudah bisa mendapatkan nama akun penyebar hoax tersebut, bagaimana cara mendapatkan IP maupun lokasi penyebar hoax tersebut

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Di indonesia sudah ada cyber police dimana merupakan pihak yang sudah berkompeten dalam mengurus segala tindak kejahatan di dunia digital. Katakanlah ada penyebarkan hoax maka penyebar hoax akan diidentifikasi oleh cyber police.