kabar kalbar – Press Release Belajar Online Literasi Digital Di Era Digitalisasi 24 Juli 2021 – Sintang

kabar kalbar – Press Release Belajar Online Literasi Digital Di Era Digitalisasi 24 Juli 2021 – Sintang

  25 Jul 2021

Pembukaan Oleh Bapak Ir. H. Joko Widodo, President Indonesia

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Welcoming Speech Oleh Walikota / Pejabat Setempat (dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph,Bupati Kabupaten Sintang)

  • Pembukaan Bpk. Presiden Jokowi tentang Literasi Digital.
  • Pandemic membuka peluang transformasi digital secara besar2an (infrastruktur digital, UMKM, pemerintahaan digital), juga persiapan masyarakat cakap digital.
  • Pada akhir 2022, 12548 desa dan kelurahan akan terjangkau 4G, 10 tahun lbh maju, dari rencana awal 2032.

 

Talks 1: Keamanan Digital : Menganalisis Kasus Cyberbullying dan Cara Menghentikannya

(Billy Purwocaroko,Founder & CEO Renjana Inclusive Hub)

  • Cyberbullying: menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikis, dalam bentuk kekerasan verbal, sosial, atau fisik berulang kali dan dari waktu ke waktu, seperti memanggil nama seseorang dengan julukan yang tidak disukai, memukul, mendorong, menyebarkan rumor, mengancam, atau merongrong
  • Exclusion: Cyberbullying termasuk exclusion yang  Tidak menyertakan seseorang/golongan tertentu dalam sebuah percakapan dan pengambilan keputusan.
  • Bukan salah orangnya, tapi salah sistemnya. Jadi jika Anda berusaha untuk menyelesaikan perundungan ,jangan lihat orang yang dirundung, Lihat diri kita sendiri yang menciptakan sistem. Kita bertanggung jawab untuk menciptakan intimidasi itu.

 

Talks 2: Budaya Digital : Literasi Digital Sebagai Sarana Meningkatkan Pengetahuan Akan Warisan Budaya

(Rufina Sekunda,PNS, Guru Bahasa Inggris SMPN 3 Sungai Tebelian)

  •     Why digital literacy is important:
  1. konten
  2. kempetensi
  3. teknologi
  4. jaringan
  •     kesenjangan kebutuhan konten pembelajaran di dunia maya dan media bahan ajar guru (konten gap). kesenjangan kompetensi TIK guru, baru 40% siap memanfaatkan teknologi (kompetensi gap). Kesenjangan penguasaan jenis teknologi antara siswa, guru, dan orang tua (teknologi gap). Kesenjangan komunikasi dengan teman sejawat)jaringan yang bisa di akses (jaringan gap).
  •     kementrian pendidikan dan kebudayaan indonesia melakukan pencatatan dan penetapan daftar warisan budaya takbenda. per juni 2020, terdapat total 9.770 warisan budaya yang dicatat dan 1.086 di antaranya telah di tetapkan.

Talks 3: Digital Ethics : Tips & Trick Menghindari Hacking

(Apreza Bellyantara,Tenaga Kesehatan – Perawat)

  •     Hacking adalah kata yang mengacu pada aktivitas yang berupaya menyusupi perangkat digital, seperti komputer, smartphone (ponsel cerdas), tablet, dan bahkan seluruh jaringan.
  •     Jenis-Jenis Hacking:

1.Ethical Hacking

2.Hacktivism

3.Identity Theft

4.Malware Hacking

5.Spionase

6.Ego Hacking

 

  • Tips dan Tricks: 

Tips: 1.Jangan Membagikan Data Pribadi Kamu Sembarangan

2.Gunakan VPN

3.Matikan Jaringan WiFi atau Bluetooth Ketika Tidak Digunakan

4.Gunakan Jawaban Pertanyaan Keamanan Palsu

5.Aktifkan Enkripsi Disk Penuh Pada Komputer

6.Gunakan password yang kompleks

7.Jangan Gunakan Password yang Sama untuk Semua Akun

8.Periksa Permissions Aplikasi Sebelum di-Install

Trick: 1.Gunakan Antivirus yang kaya akan fitur

2.Buat password atau kata sandi yang kuat dan kompleks

3.Pelajari cara aman browsing

Waspadalah terhadap phishing dan social engineering

 

  •     JANGAN TERLALU TERBUKA DI INTERNET TENTANG DATA DIRI PRIBADI, GUNAKAN KATA SANDI YANG KOMPLEKS ATAU SUSAH DITEBAK AGAR TIDAK MUDAH DISUSUPI DAN BACA DENGAN SEKSAMA APA SAJA YANG MASUK KE DALAM PERANGKAT.

 

Key Opinion Leader: Kecakapan Digital : Informasi Digital, Identitas Digital, dan Jejak Digital dalam media Sosial

(Calvino Samudra, C.H., C.Ht., C.Pd., IBH C.I., C.M.NLP., C.BA.,President Commisioner of PT. Angkasa Citra Sukses)

  • Banyak inovasi terjadi terhadap informasi terutama untuk direkam dan ditransmisikan. Kita mengenal transofrmasi dari Pena dan pensil, serta printer untuk mencatat informasi di atas kertas. hingga Telepon yang menerjemahkan suara menjadi listrik gelombang yang dapat diputar ulang pada speaker.IT (Technology Information) pada dasarnya merupakan teknologi yang membantu manusia dalam mebuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi yang berbentuk digital.Social media merupakan salah satu teknologi yang berbentuk platform guna menyimpan, menyebarkan serta berinteraksi dengan informasi digital, seperti : nama, status, tempat tinggal, konten, dan sebagainya.
  • Identitas digital merupakan bagian dari informasi digital, yang berfungi untuk merepresentasikan orang/badan di dunia digital Ruang lingkup identitas digital meliputi NIK, Nama, SIM, Passport, Layanan perbankan, Asuransi, Data Kepegawaian, dan sebagainya. Di dalam media sosial, identitas digital lebih mencakup dalam data personal, seperti gender, pandangan politik, dan sebagainya Identitas digital digunakan oleh media sosial untuk memberikan berita, link, topik dari para content creator yang sesuai dengan bagaimana anda menggambarkan diri secara digital.
  • Apa pun yang kita lakukan, di mana pun kita berada, dengan hidup di dunia digital, kita akan meninggalkan jejak digital. Jejak disini mengacu terhadap segala bentuk informasi digital yang dapat mengarahkan kepada diri pemiliknya, ejak digital dapat ditinggalkan atas dasar hal yang anda lakukan seperti mengunggah foto atau menulis komentar, Jejak digital di media sosial juga dapat terjadi tanpa sepengetahuan anda, seperti ketika ada teman di media sosial anda menggunakan layanan tertentu yang mengharuskan untuk dapat mengakses seluruh hubungan pertemanan mereka, sehingga profil sosial media anda merupakan jejak digital yang muncul tanpa sepengetahuan anda

Informasi lainnya yg disampaikan oleh moderator / mc :

  • Untuk mematikan video dan microphone selama proses webinar dan menjaga protocol kesehatan.
  • Share event ke Instagram Feed, dan tag Instagram Siber Kreasi dan menggunakan hashtag #MakinCakapDigital #Siberkreasi #LitDigKal1202.
  • Adanya hadiah menarik berupa pulsa atau paket data bagi 10 (sepuluh) penanya terbaik.

QnA

Penanya :

Nama : Arbi Pramudya

Email : Mosadte47@gmail.com

No HP : 082251086904

Kepada : Billy Purwocaroko

 

Pertanyaan : Dalam Dunia Digital yang memang mengancam pribadi jika seseorang tak bisa mengamankan dirinya sendiri apakah peran pemerintah sangat penting dalam tata kelola keamanan digital? karena dalam beberapa hal pemerintah tidak terlalu efektif dalam mengatasi permasalahan permasalahan ini, juga termasuk cyber bullying. dan bagaimanakah tata kelola psikologi bagi pribadi yang terkena masalah keamanan digital yang menyerang pribadi seseorang? mohon penjelasan nya bang. Terimakasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Upaya pemerintah melalui kemenkominfo sebenarnya sudah cukupi komperhensif dalam memeberikan edukasi kepada masyarakat terkait  dunia digital. Salah satu contohnya adalah diadakannya webinar literasi digital ini di kota-kota kecil maupun besar. Namun juga dibutuhkan kerjasama kepada seluruh masyarakat untuk memaksimalkan fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah supaya lebih cakap digital.

Terkait tata kelola psikologi bagi pribadi yang terkena masalah keamanan digital yang menyerang pribadi seseorang. Hal pertama yang bisa kita lakukan adalah mendengarkan apa yang teman kita rasakan terkait cyber bullying. Tidak semua orang mau terbuka ketika mendapatkan cyber bullying. Ketika ada yang mau curhat, jangan terburu-buru untuk di judge dulu. Coba dengarkan cerita mereka dahulu. Itu adalah hal yang paling simpel yang bisa kita lakukan.

 

 

Penanya :

Nama : Mega Nurmalasari

No HP : 089674949889

Email : nurmalasarimega4@gmail.com

Kepada : Rufina Sekunda

 

Pertanyaan : bagaimana caranya agar anak bisa lebih banyak beralih ke konten budaya sedangkan di Instagram,Facebook ataupun YouTube masih banyak konten yg kurang mendidik untuk anak2 bu ?  soalnya banyak iklan2 yg kurang mendidik yg sering lewat ” terimakasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Sebenarnya bukan hanya guru yangbertugas sebagai guru. Semua orang adalah guru dan semua tempat adalah sekolah. Sebenarnya filter yang paling utama adalah diri kita. Dimana kasusnya kalau pada anak fiter utamanya adalah orang tua. Ketika banyak beredar informasi negatif di sosial media bukan salah sosial medianya namun kitalah yang harus bisa memfilter mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga kita sebagai orang tualah yang mengarahkan kepada anak-anaknya mana konten yang positif dan mana yang negatif.

 

Penanya :

Nama : Pahrudin

No HP : 089638394090

Email : a2a22pudipahrudin@gmail.com

Kepada : Calvino Samudra

 

Pertanyaan : Apakah yang harus dilakukan ketika data pribadi yang kita miliki disalahgunakan oleh orang lain? Terima kasih

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Pertama kita harus mencari informasi darimana kita tau data kita disalah gunakan, oleh siapa dan apa buktinya. Setelah itu kita bisa membuat surat pernyataan dan mengirimkan surat tersebut ke lembaga-lembaga dimana data-data kita digunakan disana. Didalam penulisan surat tersebut harus memperhatikan aspek-aspek hukum dengan berkonsultasi dengan orang yang expert di bidang tersebut

 

Penanya :

Nama : Arbi Pramudya

Email : Mosadte47@gmail.com

No : 082251086904

Kepada : Apreza Bellyantara

 

Pertanyaan : Dalam dunia peretasan, mencuri data pribadi menjadi momok yang sangat kejam, karena secara tidak langsung data diri kita akan terancam serta pribadi kita akan menerima hal yang tidak diinginkan kedepannya. maka dari pada itu, dalam mengatasi data pribadi atau bahkan hal hal pribadi yang terkena hack dan dicuri bagaimanakah cara kita mengatasi permasalahan tersebut agar data yang dicuri bisa diambil kembali bahkan dihapus dipenyimpanan si hacker tersebut? terutama langkah pertama nya, sebelum kita melaporkan kepada pihak yang berwajib. mohon penjelasan nya bang, sekian terimakasih.

 

Jawaban :

–          Narsum 1 : Biasanya ketika data kita disalah gunakan itu akan keluar notifikasi pada gadget kita berupa verifikasi ke email kita. Akan ketahuan apabila data kita digunakan pada perangkat lainnya. Apabila kita mengetahui data kita disalah gunakan maka kita harus langsung lapor.